Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Tanda Wanita yang Baik Wataknya Berdasarkan Ciri Tubuh Menurut Primbon

Ciri Wanita Baik - Wanita adalah makhluk yang unik dan sukar untuk ditebak, nah bagi sebagian pria mungkin pernah merasa bingung saat berhadapan dengan wanita. Terlebih bila sedang ngambek, hehehe. "Susah-susah mudah kau kudekati, kucari engkau lari, kudiam kau hampiri", begitu penggalan lirik lagu bang Iwan Fals yang mungkin cocok untuk menggambarkan wanita. Namun kita bukan akan membahas lagu loh Sob, karena kali ini sifat-wanita.blogspot.com akan sedikit berbagi informasi tentang ciri / tanda wanita yang baik sifat (watak) nya menurut primbon jawa.

Apakah ada ciri atau tanda yang dapat dikenal untuk mengetahui seorang wanita itu baik atau tidak (kurang baik sifatnya)? dan jawabannya adalah bisa iya, bisa juga tidak. Karena memang tidak mudah untuk mengenalinya. Tapi ada salah satu buku kuno peninggalan raja-raja Jawa jaman dahulu yang disebut Primbon, yang mengupas tentang ciri atau tanda wanita yang baik, dan itu dikenal dari anggota tubuhnya, lalu kira-kira tanda apa sajakah itu? Penasaran ingin mengetahuinya? yuk kita simak ulasanya dibawah ini.
Ciri, tanda, wanita, perempuan, gadis, cewek, ciri wanita baik watak, sifat, karakter, kepribadian, dari ciri tubuh, menurut primbon, wajah wanita baik, warna kulit, warna wajah, bentuk wajah, warna rambut, postur tubuh, cara berjalan wanita yang baik
Illustrasi Gambar Tanda Wanita yang Baik Wataknya

16 Tanda Wanita yang Baik Berdasarkan Ciri Tubuh Menurut Primbon

Orang-orang Jawa jaman dahulu percaya bahwa untuk memilih wanita yang baik bisa dikenali dari ciri-ciri tubuhnya, nah kalau dalam istilah jawa, hal ini dikenal dengan sebutan "Katuranggan". Wanita yang katuranggannya baik tentu dambaan setiap pria, terlebih bila pria memilih wanita tersebut untuk menjadi pasangan hidupnya (istri). Inilah tanda-tanda wanita yang baik menurut Primbon.

1. Wanita yang baik dalam primbon disebutkan bila ia mempunyai kulit tubuh yang berwarna hitam, postur / badannya besar, dan rambutnya lemas.

2. Memiliki bentuk wajah bulat panjang, kulit tubuhnya berwarna hitam (mungkin maksudnya sawo matang kali ya sob? hehee), tanda berikutnya adalah dilihat dari kaki, bentuk kakinya meruncing. Ciri ini adalah tanda wanita tersebut mendatangkan (membawa) banyak rejeki. Tapi perlu hati-hati karena bila wanita ini cemburu, bisa saja suaminya ditinggalkan begitu saja.

3. Memiliki kulit tubuh berwarna hitam (baca sawo matang ya sob), kakinya kecil meruncing, dan jari-jarinya kecil, dan rambutnya lemas.

4. Ciri yang lain yang bisa dikenali adalah bila wanita tersebut memiliki kulit tubuh hitam, postur (badan) tinggi besar, dan kakinya sedikit (agak) pendek.

5. Ciri kelima yang bisa kenali adalah bila warna kulitnya kuning, postur tubuh ramping (kecil), mulut, mata, hidung, telinga, dan bibirnya kering serta pecah-pecah, biasanya wanita tersebut memiliki hati yang suci (baik hati), senantiasa berbakti pada suami, namun konon dalam hal pekerjaan wanita yang satu ini kurang pandai.

6. Mempunyai warna kulit kuning dengan urat-urat yang nampak kehijauan, punya sinom (anak rambut yang terletak dibagian depan - dekat dengan dahi) yang bentuknya melingkar, tutur sapanya lembut, matanya tenang, tidak lirik sana lirik sini, maka kata primbon, ini adalah tipe wanita yang pandai berhemat. Namun untuk hal-hal yang penting, wanita ini tidak segan-segan mengeluarkan hartanya. Konon wanita ini juga sangat berbakti pada suami, bahkan pada tingkat ekstrim rela untuk dimadu(gile hari gini apa masih ada wanita yang rela di madu ya sob... hehee).

7. Perempuan atau wanita yang memiliki badan tinggi sedikit, warna kulit wajah kehijauan sedangkan warna kulit tubuh kuning, gaya berjalannya perlahan (orang jawa bilang macan luwe (harimau lapar).

8. Memiliki rambut yang lumayan panjang serta kaku namun pada bagian ujung rambut lemas, kulit tubuhnya berwarna kuning langsat.

9. Pandai (banyak bicara), putih warna kulitnya, karakter rambutnya keras (kaku), konon banyak mendatangkan rejeki dan banyak mendapatkan rahmat dari Tuhan. Konon wanita ini juga tekun beribadah (menjalankan perintah agama). Ini adalah salah satu ciri wanita yang cocok dijadikan pasangan hidup.
Ciri, tanda, wanita, perempuan, gadis, cewek, ciri wanita baik watak, sifat, karakter, kepribadian, dari ciri tubuh, menurut primbon, wajah wanita baik, warna kulit, warna wajah, bentuk wajah, warna rambut, postur tubuh, cara berjalan wanita yang baik
Illustrasi Gambar Wanita dengan Ciri-ciri Wanita Baik Menurut Primbon

10. Ciri wanita baik berikutnya adalah bila mempunyai kulit tubuh merah kehijauan (orang jawa menyebutnya: mbambang awak), perawakannya kecil (ramping) dan serba pantas, manis dan santun tingkah lakunya, rambutnya panjang berwarna hitam kehijau-hijauan.  Ciri ini adalah tipe wanita yang sangat baik, karena konon wanita ini dapat mengatasi segala masalah.

11. Memiliki wajah / muka yang manis (berseri-seri), warna kulit tubuh mbambang awak, sementara warna kulit wajah sedikit kehijauan. Wanita dengan ciri tubuh seperti ini menurut primbon jawa adalah tipe wanita yang tidak sayang akan hak miliknya, karena bukti cinta baktinya kepada suami.

12. Primbon menyebutkan ciri selanjutnya yang dapat dikenali untuk wanita yang baik sifatnya adalah memiliki pinggang ramping, raut muka (wajah) berseri, kulitnya halus, memiliki rambut yang lebat dan berwarna hitam pekat. Konon wanita ini adalah tipe wanita yang menurut kepada perintah sang suami.

13. Matanya njait (manis), bentuk / postur tubuh tinggi, tutur kata lemah lembut. Konon ciri-ciri ini menandakan wanita yang pandai menyimpan rahasia, serta pandai mengatasi setiap masalah yang dia hadapi.

14. Memiliki postur tubuh besar namun seimbang, bentuk wajah oval (bulat panjang), hitam kakinya, rambutnya lemas namun hitam. Wanita ini adalah tipe wanita yang mendatangkan rejeki bagi keluarganya. Namun bila sedang dilanda cemburu, maka ia tidak segan-segan pergi dari suaminya.

15. Wajahnya cantik, badannya proporsional (besar seimbang), pendiam, sederhana, pembawaannya tenang, dan hanya sedikit bicara. Ini adalah tanda wanita yang berbakti dan setia kepada suaminya. Ia juga wanita yang punya pikiran luas, gemar bertirakat. Maka wanita ini sangat baik, namun bila terjadi perselisihan ia akan pergi meninggalkan suaminya.

16. Postur tubuh sedang (tidak terlalu tinggi), warna kulitnya kuning, cekatan dan manis matanya. Wanita dengan ciri ini adalah tipe wanita yang rajin serta teliti, baik wataknya dan konon pandai dalam urusan ranjang.

Itulah 16 Tanda Wanita yang Baik Wataknya Berdasarkan Ciri Tubuh Menurut Primbon, dari 16 ciri diatas, apakah si Doi punya salah satunya? Ayo share pengalaman temen-temen di kolom komentar dibawah artikel ini ya?. Oya dan satu lagi, semua uraian diatas hanyalah bersifat ramalan saja dan sobat pembaca boleh mempercayainya, atau hanya menganggapnya sebagai mitos. Semua kami kembalikan kepada Sobat.

Post a Comment for "16 Tanda Wanita yang Baik Wataknya Berdasarkan Ciri Tubuh Menurut Primbon"